Saya ingin mencapai 70 Kg

Dua tahun sudah pengalamanku bekerja.

Tahun lalu saya sempat bagikan sesuatu buat mahasiswa IT di sini.

Dan akhirnya saya pun sudah 1 tahun menjadi alumni dan terjun ke dalam perbudakan IT. *congratsnya mana πŸ˜€ ?*

Dan akhirnya adik-adik mahasiswa IT yang baru pun berdatangan dengan semangat berkobar-kobar untuk belajar programming, basis data, networking. Mungkin termasuk diantaranya adalah adik-adik anda, juga adik saya πŸ˜€

Dik, kurikulum IT cepat berubah karena IT berkembang dengan cepat. Bahkan, semakin lama semakin cepat. Kampus anda belum tentu memasukkan teknologi terbaru seperti Silverlight, Web 2.0, Model View Controller, REST, dsb dalam kurikulum. Karena memang bukan itu yang lazim anda pelajari di kampus. Kampus hanya memberangkatkan kamu.

Belajar untuk belajar sendiri
Dik, kurikulum IT fokus pada hal-hal dasar saja. Seperti konsep dasar pemrograman, konsep dasar jaringan, konsep dasar basis data, konsep dasar sistem interaksi, dan konsep dasar lainnya. Konsep dasar ini diharapkan dapat membantu kita mempelajari sendiri teknologi yang kemudian.

Pemrograman dengan .net framework tidak saya dapatkan dari dosen, melainkan saya dapat Java. Tapi konsep dasar pemrograman tetap sama baik untuk Ruby, Java, Ambon, Batak dan sekitarnya.

Pelajari semuanya dulu, jangan pilih-pilih bulu
Dik, dunia IT banyak rimbanya baik itu software developer, DBA, it professional, analyst, dsb. Saya rekomendasikan anda mengerti dasar-dasar dari semua bidang IT dulu, baru expertise di satu bidang saja.

Mulailah belajar LINUX, tapi jangan langsung membenci platform Microsoft hanya karena mahalnya Windows (atau sebaliknya). Latihan programming kecil dengan C, C++ sebelum OOP seperti Java, C# membuat kamu malas belajar yang susah-susah.

Gabung komunitas
Belajar dari komunitas membantu pengetahuan kamu meluas.

Saya gabung banyak sekali milis, banyak sekali kesempatan untuk berdiskusi. Beruntung sekali jaman sekarang ada gmail sehingga ribuan email yang masuk dapat diatur dengan rapih sesuai thread masing-masing.

Banyak bertanya, banyak mencari
Tapi dik, teman saya bilang arti kata stupid itu adalah bertanya sebelum mencari di Google. Tapi jangan pula Google jadi membuatmu tak berpikir kritis, karena kebenaran di Internet tidak ada yang menjamin.

Benar sekali bahwa malu bertanya, sesat di jalan tetapi jangan pula kamu nanti sesat bertanya, malu di jalan.

Jangan malas mencari, jangan malas bertanya.
Ayo para newbie sering-sering bertanya dong, karena cuma jenis pertanyaan kalian yang bisa saya jawab di komunitas πŸ˜€

Passion
Dik, Coding is fun πŸ˜€
IT is very fun!

Cintailah IT setelah kamu memutuskan menjadi mahasiswa IT (itu bukan keputusan mamamu, right?). Kalau kamu mencintai IT, ada harapan, IT pun akan mencintai kamu dan membantu kamu.

Good luck πŸ˜€

Ada baiknya setiap tahun saya tulis hal serupa. Kebetulan ada sebuah update yang perlu saya tambahkan:

Belajar bahasa inggris
Beberapa kali kami di kantor sering menertawakan pekerja IT dari negeri indiahe. Lucunya bukan lain adalah tentang kapabilitas beberapa dari mereka yang sangat dipertanyakan. Terkadang saya bingung mengapa IT manager yang di-impor dari sana tidak selalu lebih baik dari mahasiswa rata-rata yang saya kenal, selain dari kemampuan bahasa Inggris dan percaya diri yang tinggi?

Comments on: "2 tahun pengalaman bekerja" (4)

  1. kayaknya cuma itu aja. cuma iseng ngupdate blog.

  2. wah selamat2…. udah 2 tahun… makan2 hehehe

  3. Congrat!!
    Makan-makan πŸ˜‰

  4. mama….

    bahasa inggris saya jeblok… XD

Leave a Reply

Tag Cloud

