Saya ingin mencapai 70 Kg

Bagi ingin tahu ada apa dengan ekonomi AS sekarang, tapi tidak terlalu mengerti hitungan ekonomi, yang gw juga gak ngerti karena bukan orang ekonomi.

semoga artikel ini bisa membantu.

Jluntrungan Krisis Subprime di Amerika Serikat

Kalau Langit Masih Kurang Tinggi

Oleh: Dahlan Iskan 

Meski saya bukan ekonom, banyak pembaca tetap minta saya ”menceritakan” secara awam mengenai hebatnya krisis keuangan di AS saat ini. Seperti juga, banyak pembaca tetap bertanya tentang sakit liver, meski mereka tahu saya bukan dokter. Saya coba: 

Semua perusahaan yang sudah go public lebih dituntut untuk terus berkembang di semua sektor. Terutama labanya. Kalau bisa, laba sebuah perusahaan publik terus meningkat sampai 20 persen setiap tahun. Soal caranya bagaimana, itu urusan kiat para CEO dan direkturnya. 

Pemilik perusahaan itu (para pemilik saham) biasanya sudah tidak mau tahu lagi apa dan bagaimana perusahaan tersebut dijalankan. Yang mereka mau tahu adalah dua hal yang terpenting saja: harga sahamnya harus terus naik dan labanya harus terus meningkat.

Perusahaan publik di AS biasanya dimiliki ribuan atau ratusan ribu orang, sehingga mereka tidak peduli lagi dengan tetek-bengek perusahaan mereka.

Mengapa mereka menginginkan harga saham harus terus naik? Agar kalau para pemilik saham itu ingin menjual saham, bisa dapat harga lebih tinggi dibanding waktu mereka beli dulu: untung.

…..

Ada yang punya artikel yang menjelaskan kepada awam mengapa bursa ditutup sampai hari ini?

Advertisements

Comments on: "Krisis Subprime di Amerika Serikat" (5)

  1. smoga aja indonesia gag krisis lagi ndra

  2. BEI (bursa efek indonesia) sdh dibuka lagi senin kemarin (13 okt)…

  3. Karena IHSG nya terus turun 10% setiap harinya. Latah ama Dow Jones sih 🙂

    Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa pemerintah seakan akan bingung dan gelisah dengan IHSG yang terus turun sementara pemain nya hanya 1-2% dari jumlah penduduk Indonesia. Sementara kalau sektor riil ngak pernah diperhatikan 😦

    Tanya mengapa? 🙂

  4. […] ini harga rupiah sangat rendah. Padahal, yang mengalami krisis ekonomi bukan kita melainkan AS. Dari informasi temannya teman saya, kondisi rupiah yang melemah ini hanyalah sementara. Dollar […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: