Saya ingin mencapai 70 Kg

Terkaget melihat WordPress helper Firefox addons. Walaupun masih experimental, saya tergoda untuk menghabiskan malam ini bersamanya dan larut dalam ujicoba.

  1. Fungsi
  2. Instalasi & konfigurasi
  3. Contoh pengunaan: Mengutip dari halaman
  4. Kelemahannya dan trik saya

Fungsi
Saya kutip aja langsung dari sini.

Lets you post selected text directly to your WordPress blog.


Instalasi & konfigurasi
Berikut ini saya jabarkan bagaimana proses instalasi dan konfigurasi berlangsung

  1. Install addons ini *eh salah* maksudnya ini.
  2. Restart firefox
  3. Double click pada icon WordPress di sebelah kiri bawah . Maka akan muncul jendela WordPress – Settings seperti ini:
  4. Masukkan Server API URL blog anda. Contoh punya saya: http://anwarchandra.wordpress/xmlrpc.php
  5. Masukkan username anda. Contoh punya saya: anwarchandra
  6. Masukkan password anda. Contoh password saya: mukegile
  7. Silakan isi dengan informasi wordpress account anda. Dengan informasi wordpress account saya menjadi seperti ini:
  8. settings2

  9. Jika anda ingin diberikan konfirmasi (alert:”Your blog post published successfully”) ketika proses selesai, maka cek (centang) pada Comfirmation.
  10. Jika anda ingin langsung melihat hasilnya, cek pada Go to weblog.
  11. Jika anda hanya ingin menjadikannya sebagai draft, cek pada Draft.
  12. Jika anda ingin memasukkan URL-nya pada tulisan anda, cek pada Add URL.
  13. Jika anda ingin mengkonfigurasikan Judul dan Kategori default. pilih tab Post Defaults
  14. Jika anda ingin menghilangkan menu ini dari context menu ataupun statusbar, pilih tab Extension Integration

Contoh pengunaan: Mengutip dari halaman

  1. Buka halaman yang tulisannya ingin anda kutip, misalnya http://id.wordpress.com *halah
  2. Seleksi bagian yang ingin anda kutip. Supaya adil, saya ingin seleksi semua (Select All).
  3. Klik kanan (Right-click) akan muncul menu seperti ini:
    selectall
  4. Klik Posta Til WordPress. (ini bahasa mana ya?)
  5. Ditunggu sebentar….. (Duh kok firefox jadi lemoooot)
  6. Setelah 14 detik (kasus saya loh) muncullah pemberitahuan berikut ini:
    alert
  7. Hasilnya lihat yang ini

Kelemahannya dan trik saya
Kelemahannya cuma kata ‘Posta till WordPress’ yang, CMIIW, bukanlah kata dalam bahasa inggris.
Dan parahnya, setelah saya oprek2 addons-nya, ternyata tidak (mungkin belum) disiapkan dengan localization.
Ah parah banget. Terpaksa gw harus oprek2 sampai ke javascriptnya untuk menggantinya langsung ke dalam bahasa Indonesia.

(Argh.. Penting gak penting sih sebenernya)

Jadi saya ubah kata berikut
‘Posta till WordPress’ menjadi ‘Tulis ke WordPress’
sekalian deh kata
‘Your blog post published successfully’ menjadi ‘Tulisan anda berhasil dimasukkan’

Kalau ada yang mau hasil oprekan yang penting-gak-penting ini, silakan lakukan langkah berikut:

  1. download aja
  2. Simpan di folder, katakanlah desktop.
  3. Install secara manual dengan cara: File -> Open -> filenya.xpi
  4. Lakukan konfigurasi seperti diatas

nah, kalau begini kan nenek saya bisa tahu menggunakannya :p

Comments on: "WordPress Post (Firefox Addons) Review" (4)

  1. YUUP….
    Tim Uber sudah memastikan masuk FINAL,
    Mari kita dukung sampai jadi juara
    TIM THOMAS…. Jangan Mau Ketinggalan!!!

  2. @indra
    Jaka sembung lagi goblok,
    Gak nyambung, golok.

  3. ketigax

    (ketigax first, try later)

  4. @anthonysteven

    *halah
    boleh dicoba tuh addons gw, to

Leave a Reply

Tag Cloud

