Saya ingin mencapai 70 Kg

Saya bukan ahli Crystal Report. Tulisan ini hanya untuk orang baru. Versi bahasa inggris dari tulisan ini dapat dilihat di sini.

2 hari yang lalu gw terjebak masalah begini. jika ada data tambahan, saya harus tampilkan ke laporan dimana jumlah tabel tambahan sesuai dengan data tambahan.

So, gw harus letakkan data tambahan ini dalam sebuah datatable, dan meletakkan field2nya pada Details section pada Crystal Report Designer.
Detail Section

Sesuai dengan perilakunya, ketika datatable memiliki 4 records, maka 4 tabel yang dicetak dalam laporan. Ketika cuma 3 record , cuma 3 tabel yang dicetak.

Bolehlah.. Sempurna!! Ketika kita punya N record, maka N tabel dicetak. Tapi entah mengapa. Saat datatable-nya kosong, N = 0, tercetak tabel kosong pula.

Bos gw memperingatkan gw untuk tidak menampilkan template tabel extension yang kosong ini.

Warning

Gw mencari property yang dapat meng-hide sebuah section pada laporan di objek Report Document, tapi gagal menemukan property tersebut.

Gw sudah googled selama berjam-jam, tapi gagal menemukan solusinya.

So gw coba selesaikan dengan kreatifitas gw sendiri.

Gw buat 2 template Crystal Report (rpt): Report.rpt dan Report_noExtension.rpt.

Report_noExtension.rpt dikopi dari Report.rpt tapi dengan sedikit perubahan pada Detail Section.

Hide a section

Klik kanan pada detail section > pilih Section Format > pilih Details > cek pilihan Hide (Drill-Down OK) .

Yeah..!! Gw hanya bisa hide section dari Crystal Report Designer.

PERHATIAN!! KALAU ADA YANG BISA MELAKUKAN MODIFIKASI INI DARI C# 1.1, TOLONG AJARIN GW KODINGANNYA.

Lalu ubah kode ini

Dim rpt As New ReportDocument

rpt.Load(ROOT_RPT + “Report.rpt”)

rpt.SetDataSource(ds)

Menjadi seperti ini.

Dim rpt As New ReportDocument
If datatable.Rows.Count = 0 Then
rpt.Load(ROOT_RPT + “Report_noExtension.rpt”)
Else
rpt.Load(ROOT_RPT + “Report.rpt”)
End If

rpt.SetDataSource(ds)

 

Comments on: "Hiding Detail Section In Crystal Reports (.Net)" (2)

  1. […] post info By anwarchandra Categories: .Net and Crystal Reports Tags: Crystal Reports, Hide detail, hide section I’m not a Crystal Report Expert. This article is for newbie only. You can read this article in Indonesian Language too here. […]

  2. eh itu yang bikin screenshot yang ada tulisan merahnya “WHEN DATA IS NO MORE THAN 5, DONT DISPLAY THIS EXTENSION TABLE” bukan bos, tapi gw, hahahaha…

    Saya memperingatkan Anda, Pak Andra, wkwkwkwk

Leave a Reply

Tag Cloud

