Saya ingin mencapai 70 Kg

Foreign Key

foreign key tuh gampang-gampang ternyata ( (kadang) bikin)susseh…

apa alasan kita make constraint foreign key ini?

katanya pak IB, bung Denny atau dosen basisdata lainnya, fitur ini harus dipake.
kalau gak pake nilainya dikurangin, dimusuhin ama dosen-dosen basisdata, diketawain ama admin, diputusin ama pacar (gara2 IPnya jelek), hidup jadi terancamlah pokoknya
wah! kalau begitu biar keliatan akademis doang dong…

yang bener.. kita masangin constraint ini (biasanya) supaya pas eksekusi query GPL (gak pake lama)
SELECT FIELD FROM TABLE WHERE FOREIGN_KEY=ID_OF_OTHER_TABLE
karna field yang menjadi key ini dibikinin indexnya.

biar menjamin referential integrity juga, atau bahasa gampangnya deh
jangan sampe kita masukin nilai (foreign key) tepu” yang sebenernya belum ada di database.

udah ah. gw juga gak ngerti” amat..
gara-gara terlalu strict makenya, makanye pas gw hilangin 1 record pada sebuah tabel (yang penting banget),
beberapa record lainnya yang punya foreign key nunjuk ke situ hatus hilang juga.
dan beberapa record lainnya yang nunjuk ke record yang nunjuk ke situ juga ikutan.
dan semakin banyak record yang nunjuk ke record yang nunjuk ke record yang nunjuk ke situ juga ikut2an hilang..
maka bersihlah database gw.. gara-gara masangnya terlalu kaku.

apa designnya yang jelek? (sambil menunjuk ke designer)

Advertisements

Comments on: "Foreign Key" (6)

  1. ON DELETE RESTRICT dong…

  2. anwarchandra said:

    wah… kalau gw pake restrict,
    maka fungsi delete gw bakalan jarang berhasil, ge!
    ntar user malah marah-marah:
    “Nih program kok gak jalan sih!”.
    gw jelasin ke mereka kayak gimana ya?
    apa gw musti kasih konfirmasi:
    “kalo lo mau gusur kota ‘kite’,
    maka sekolah ‘anu’,’ani’ dan ‘ane’ keapus juga loh.
    lo yakin kagak?”
    terus dia teken ‘yakin’.
    gw musti kasih konfirmasi lagi:
    “jika lo mau ngapus school ‘anu’,
    maka murid ‘hehe’,’haha’,’hihi’ dan ‘hoho’ keapus juga loh.
    lo yakin kagak?”
    terus dia teken ‘yakin’.
    gw kasih pilihan lagi:
    “jika lo mau ngapus murid ‘hehe’,
    maka
    … dan seterusnya ….
    atau gw pake ON DELETE RESTRICT dan gw jelasin ke user gini:
    “lo kagak boleh seenaknya ngapus kota ‘kite’
    lah kan disitu ada banyak sekolahan,
    murid-muridnye mau dikemanain, coy!?”.
    huayooo… hehehe
    * gak sabar nungguin jawaban lo,ge *

  3. yah ditunggu jawabannya dari sodara tege…
    *awam-database*

  4. […] mysql J2ME C Basisdata Web Programming Setelah nanya ama om gugel akhirnya gue nemu blognya kang anwarchandra (terimakasih kang buat tulisannya)  disana aku bisa nemuin yang namanya konsep referential […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: